Sepeda Motor merupakan
kendaraan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin dengan menggunakan bahan
bakar minyak (BBM). Penggunaan sepeda motor di Indonesia
sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk beberapa
kalangan dan penggunaan bahan bakarnya irit serta biaya operasionalnya juga
sangat rendah.
Pilihan alat transportasi lain pengganti mobil pribadi adalah angkutan umum, misalnya bus, mikrolet, taksi, kereta api. Tetapi transportasi umum di Indonesia mempunyai banyak kekurangan, menyebabkan banyak pengguna mobil enggan memilih angkutan umum sebagai pengganti. Kekurangannya antara lain tidak menjangkau semua tempat, jadwal yang sering tidak menentu, kondisi tidak nyaman misalnya berjubel, rawan copet, rawan pelecehan bagi perempuan.
Adapun rencana pemerintah yang menerapkan kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi bagi semua mobil pribadi berpelat hitam, menyebabkan pengguna harus menggunakan BBM non subsidi yang harganya lebih mahal. Hal ini akan berdampak pada pemakai mobil pribadi akan berpikir ulang sebelum menggunakan mobilnya, karena ongkosnya akan meningkat. Untuk mengatasi membengkaknya anggaran transportasi tersebut, maka akan banyak pengguna mobil yang mencoba alat transportasi lain agar lebih hemat, misalnya menggunakan, angkutan umum atau sepeda motor.
Pilihan alat transportasi lain pengganti mobil pribadi adalah angkutan umum, misalnya bus, mikrolet, taksi, kereta api. Tetapi transportasi umum di Indonesia mempunyai banyak kekurangan, menyebabkan banyak pengguna mobil enggan memilih angkutan umum sebagai pengganti. Kekurangannya antara lain tidak menjangkau semua tempat, jadwal yang sering tidak menentu, kondisi tidak nyaman misalnya berjubel, rawan copet, rawan pelecehan bagi perempuan.
Adapun rencana pemerintah yang menerapkan kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi bagi semua mobil pribadi berpelat hitam, menyebabkan pengguna harus menggunakan BBM non subsidi yang harganya lebih mahal. Hal ini akan berdampak pada pemakai mobil pribadi akan berpikir ulang sebelum menggunakan mobilnya, karena ongkosnya akan meningkat. Untuk mengatasi membengkaknya anggaran transportasi tersebut, maka akan banyak pengguna mobil yang mencoba alat transportasi lain agar lebih hemat, misalnya menggunakan, angkutan umum atau sepeda motor.
Ada pilihan
lain, yaitu sepeda motor. Banyak kelebihan sepeda motor, yaitu mudah
dikendarai, dapat menghindari macet, harga sepeda motor relatif murah, ongkos
perawatan sepeda motor lebih murah dibandingkan mobil, dapat menjangkau hingga
pelosok. Kelemahan menggunakan sepeda motor adalah terkena terik sinar
matahari, basah ketika kehujanan dan terkena polusi udara. Tetapi hal itu dapat
diatasi dengan menggunakan lotion tabir surya, jaket dan celana panjang untuk
menghindari paparan langsung terik sinar matahari. Menggunakan mantel atau jas
hujan ketika hujan, menggunakan masker agar tidak terkena polusi.
Dengan
banyaknya kelebihan sepeda motor dan dapat diatasinya kelemahan penggunaan
sepeda motor, maka sepeda motor akan banyak dipilih para pengguna mobil sebagai
alat transportasi alternatif, sehingga dipastikan jumlah sepeda motor akan
meningkat, maka sepeda motor akan semakin merajai di jalanan. Namun dengan
semakin banyaknya pengguan sepeda motor sangat berpengaruh terhadap peningkatan
tingkat kcelakaan lalu lintas dan penurunan tingkat kesadaran hukum.
Seperti pada saat musim lebaran sepeda motor digunakan sebagai
alat transportasi pada saat mudik, karena dengan mengendarai sepeda motor dapat
menuju tempat tujuan dengan cepat dan menghemat biaya. Dari hasil pengamatan
yang ada, kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada saat musim lebaran (mudik)
didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor. Dari total kecelakaan
yang ada, sekitar 70 persen disebabkan oleh kendaraan roda dua.
Adapun faktor-faktor penyebab kecelakaan
tersebut, sebanyak 35% disebabkan faktor
manusia, 28% disebabkan faktor alam, 22% disebabkan faktor kendaraan yang
digunakan dan 15% disebabkan oleh faktor jalan. Dalam hal ini Faktor manusia
mendominasi penyebab kecelakaan disebabkan oleh kelalaiannya sendiri. Kelelahan
menjadi penyebab utama kecelakaan, yang lebih disayangkan, pemudik sepeda motor
jarang menggunakan posko-posko tempat istirahat yang tersedia di banyak titik
disepanjang lintasan mudik dengan alasan ingin cepat sampai tempat tujuan. Pemudik
juga sejak awal tidak mengindahkan keselamatan untuk dirinya sendiri. Misalnya
sepeda motor yang seharusnya hanya digunakan untuk dua orang, pada mudik
lebaran sepeda motor di tunggangi lebih dari dua orang. Belum lagi tas dan
barang-barang lain yang ditempatkan di depan, samping maupun belakang sepeda
motor, yang menyebabkan hilangnya keseimbangan sepeda motor.
Disamping itu, sepeda motor yang fungsinya hanya
untuk jarak-jarak pendek, digunakan untuk jarak panjang. Sepeda motor yang
seharusnya maksimal dilaju selama 2 jam, terkadang sudah empat jam lebih
pengendara tetap melaju kendaraannya. Hal ini tentunya membuat pengendara
kelelahan dan kehilangan konsentrasi berkendara.
Cara pengendara sepeda motor juga
menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Misalnya dalam kondisi arus lalu
lintas padat, pengendara sepeda motor justru melaju dengan kecepatan tinggi,
mencoba menyelinap di sela-sela kendaraan lain, saat berbelok ke kanan, ke kiri
bahkan ingin mendahului tidak menggunakan lampu petujuk arah, bahkan ada yang
menerobos lampu merah. Selain itu kecelakaan yang fatal terjadi pada saat
pengguna sepeda motor tidak menggunakan helm yang dianjurkan pada saat
mengendara, hal ini menunjukan bahwa pengendara sepeda motor tidak menaati
aturan berlalu lintas.
Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan
penggunaan kendaraan sepeda motor mendominasi jumlah kecelakaan yang ada.
Oleh karena itu, KITA-lah yang bisa menentukan bagaimana cara mencegah terjadinya kecelakaan dan meminimalisirkan kecelakaan dari penggunaan kendaraan roda dua tersebut.
Oleh karena itu, KITA-lah yang bisa menentukan bagaimana cara mencegah terjadinya kecelakaan dan meminimalisirkan kecelakaan dari penggunaan kendaraan roda dua tersebut.
Selain itu, sepeda motor juga sering digunakan sebagai angkutan
orang atau barang yang dikenal dengan sebutan ojek. Ojek yang mana keberadaanya
tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya.
Kalau sudah tau seperti itu, kenapa tetap memilih sepeda motor???
Mari berpindah ke angkutan umum...n,n
TELITI & BERHATI-HATILAH
MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR!!!
MARI MENGGUNAKAN
ANGKUTAN UMUM UNTUK KEMAJUAN TRANSPORTASI INDOnESIA
Ayoo berpindah ke angkutan umum semuanyaa
BalasHapus